Posted by : Unknown Kamis, 30 April 2015

      Geologi struktur adalah bagian dari ilmu geologi yang mempelajari tentang bentuk arsitektur batuan sebagai hasil dari proses deformasi. Salah satu cara menganalisa struktur adalah menganalisa secara geometri. Prinsip geometri suatu bidang atau garis adalah unsur yang mempunyai kedudukan atau orientasi yang pasti di dalam ruang dan hubungan antara satu dan lainnya dapat di deskripsikan. Suatu bidang atau garis harus mempunnyai komponen kedudukan(attitude), yang umumnya dinyatakan dalam kordinat grafis, arah dan besaran kecondongan(inklinasi).

      Geometri unsur struktur pada dasarnya terdiri dari dua unsur, yaitu : geometri bidang atau struktur bidang. biasanya membahas tentang bidang perlapisan, kekar, sesar, foliasi, sumbu lipatan, dan lain-lain. Serta geometri garis atau struktur garis, meliputi gores-garis, liniasi, perpotongan dua bidang, dan lain-lain.
  
1. Struktur Bidang

      Struktur bidang dalam geologi struktur  terdiri dari  struktur bidang riil dan struktur bidang semu. Struktur bidang riil ini merupakan struktur yang bentuk dan kedudukannya dapat diamati langsung di lapangan. Bidang perlapisan, bidang ketidakselarasan, bidang sesar, foliasi, serta kedudukan bidang yang terlipat merupakan struktur bidang riil. Sedangkan struktur semu merupakan struktur yang bentuk dan kedudukannya hanya bisa diketahui dari hasil analisa struktur bidang riil yang lainnya, contoh struktur bidang semu adalah bidang poros lipatan.   

 Dalam struktur bidang dikenal istilah-istilah, antara lain :
  1. Kedudukan(attitude) adalah batasan umum untuk orientasi dari bidang atau garis didalam ruang umumnya dihubungkan dengan koordinat geografi dan bidang horizontal , dan terdiri komponen arah dan kemiringan.
  2. Arah (trend) adalah arah dari suatu bidang horizontal, umumnya dinyatakan dengan azimuth atau besaran sudut horizontal dengan garis tertentu (Bearing). Kecondongan (inclination) adalah sudut vertikal yang diukur kearah bawah dari bidang horizontal ke suatu bidang atau garis dan apabila diukur pada bidang yang tidak tegak lurus strike disebut kemiringan semu(Apperent dip).
  3. Jurus (Strike) adalah arah garis horizontal yang terletak pada bidang miring Kemiringan
  4. Dip adalah sudut terbesar dari suatu bidang miring, yang diukur tegak lurus jurus. 



Unsur-unsur dalam Struktur Geologi

2. Struktur Garis

      Struktur garis adalah elemen geometri yang ditarik dari sebuah titik yang bergerak dan panjangnya hanya sepanjang jejak dan titik tersebut. Struktur garis tersebut bisa berupa garis lurus, garis lengkung maupun garis patah 
Dalam struktur bidang dikenal istilah-istilah, antara lain :
  1. Plunge yakni  sudut vertikal antara sebuah garis dengan proyeksi garis tersebut pada
    bidang horisontal.
  2. Trend yakni  jurus dari bidang vertikal yang melalui garis dan menunjukkan arah
    penunjaman garis tersebut.
  3. Pitch yakni sudut antara garis dengan jurus dari bidang yang memuat garis tersebut.





Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

- Copyright © Keybedd 12 -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -